Rancangan Keterampilan Menjelaskan pada Pembelajaran Passing Kaki Dalam Sepakbola.

Rancangan Keterampilan Menjelaskan pada Pembelajaran Passing Kaki Dalam Sepakbola.

No.

Kegiatan

Komponen

 

Membuka Pelajaran

1.

Siswa berbaris dua bersap kemudian berhitung dan berdoa yang dipimpin oleh guru.

  • Menyiapkan siswa
  • Kejelasan ucapan
  • Kejelasan tujuan

2.

Siswa melakukan gerakan stretching dan kalestenik yang dipimpin oleh guru.

  • Gaya mengajar guru
  • Antusias siswa
  • Relevan dengan materi yang disajikan
  • Pemberian contoh
  • Kejelasan tujuan

3.

Siswa memperhatikan contoh dan mendengarkan penjelasan guru tentang teknik passing kaki dalam

ü  Gaya mengajar guru

ü  Pola interaksi guru-siswa

ü  Ikhtiar

ü  Kejelasan ucapan

ü  Kejelasan tujuan

ü  Pemberian tekanan

ü  Pemberian contoh

4.

Siswa mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi passing kaki dalam

  • Pola interaksi guru-siswa
  • Memberi acuan pada siswa

Inti Pelajaran

No

Kegiatan

Komponen

1.

Siswa mempraktekkan passing kaki dalam menggunakan bola dalam keadaan diam dengan formasi dua bersap saling berhadapan secara bergantian

  • Gaya mengajar guru
  • Pola imteraksi siswa-siswa
  • Minat siswa
  • Sikap tanggap
  • Kejelasan tujuan

2.

Siswa mempraktekkan passing kaki dalam dengan control bola terlebih dahulu bersama pasangannya pada jarak 5 meter.

3.

Siswa melakukan permainan balapan passing kaki dalam dari start-finish dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Siswa baris dua bersap saling berhadapan
  • Siswa yang berada disebelah kanan memegang bola
  • Siswa yang memegang bola melakukan passing kaki dalam kearah pasangan, lari kearah pasangan, dan passing kaki dalam lagi setelah pasangannya menghentikan bola dst.
  • Siswa  yang tidak memegang bola bertugas menghentikan bola dengan kaki dalam dan setelah itu mundur ke belakang dan seterusnya.
  • Siswa melakukan permainan secara kontinu sampai menuju finish.

 

No.

Kegiatan

Komponen

Menutup Pelajaran

1.

Siswa baris dua bersap sesuai instruksi guru

  • Gaya mengajar guru
  • Pola interaksi guru-siswa
  • Antusias siswa

2.

Siswa memperhatikan dan mendengarkan evaluasi dari guru dengan seksama

  • Gaya mengajar guru
  • Pola interaksi guru-siswa
  • Minat dan antusias siswa
  • Kejelasan pertanyaan
  • Kejelasan tujuan
  • Kejelasan ucapan
  • Penekanan mengulang
  • Balikan demonstrasi  siswa
  • Menarik kesimpulan

3.

Siswa berdoa yang dipimpin oleh guru dan kembali ke kelas setelah dibubarkan oleh guru

  • Pola interaksi siswa

 

Nama Praktekan         :  ………………………………………

NIM Praktekan           :  ………………………………………

Keterampilan Menjelaskan Pelajaran

Nama Observer           :  ………………………………………

No.

Komponen

Pemunculan

Komentar observer

Kejelasan

1.

Penjelasan ucapan

Ada/tidak

………………………………………

………………………………………

………………………………………

2.

Kejelasan tujuan

Ada/tidak

3..

Kejelasan pertanyaan

Ada/tidak

Contoh dan Ilustrasi

4.

Relevan dengan sifat penjelasan umur, pengetahuan, dan latar belakang

Ada/tidak

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

5.

Pemberian ilustrasi

Ada/tidak

Pengorganisasian

6.

Struktur kajian

Ada/tidak

………………………………………

………………………………………

7.

Ikhtiar

Ada/tidak

Penekanan

8.

Variasi suar

Ada/tidak

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

9.

Pengulangan

Ada/tidak

10.

Mimik

Ada/tidak

11.

Isyarat

Ada/tidak

12.

Gambar

Ada/tidak

Balikan

13.

Mengajukan pertanyaan

Ada/tidak

………………………………………

………………………………………

………………………………………

14.

Demonstrasi siswa

Ada/tidak

Mengevaluasi

15.

Mendemonstrasikan keterampilan

Ada/tidak

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

………………………………………

16.

Mengaplikasikan ide baru pada situasi lain

Ada/tidak

17.

Mengekspresikan pendapat siswa sendiri

Ada/tidak

18.

Soal tertulis/pertanyaan lisan

Ada/tidak

 

Makalah

Keterampilan Menjelaskan pada Pembelajaran Passing Kaki Dalam Sepak Bola

Tugas Makalah untuk Memenuhi Mata Kuliah yang dibimbing Bpk. Drs. Heru Widijoto,M.S

 

Oleh:

Bambang Nurdiansyah           (108711415471)

JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s