Artikel Olahraga “YOGA”

yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kesehatan. Banyak seseorang yang melakukan yoga karena di samping mudah seseorang dapat dengan senang melakukannya. Namun masih ada seseorang yang mengatakan bahwa yoga itu haramlah, tidak efektiflah dan kurang baiklah. Hal itu bisa saja dari perkataan orang yang tidak suka olahraga yoga.

Yoga berasal dari kebudayaan India kuno sejak 3000 SM lalu. Yoga atau yuj dalam bahasa sansekerta kuno berarti union (penyatuan). Penyatuan antara atman dan brahman (yang maha kuasa).  Mungkin istilah ini yang membuat sebagian orang mengganggap Yoga  adalah bagian dari kegiatan ritual Hindu.

Ada dua keterampilan yang dipelajari dari Yoga yaitu gerak dan diam. Disiplin gerak bermanfaat menguatkan fisik, menghilangkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh, membantu keseimbangan energi dan kenyamanan tubuh untuk kehidupan sehari-hari, bahkan penting untuk peremajaan sel-sel tubuh. Tak jarang praktisi yoga tampak lebih muda dari usia sesungguhnya. Sedangkan disiplin diam yoga memberikan rileksasi, ketenangan, konsentrasi, kejernihan pikiran, keceriaan, rasa percaya diri, dan berkembangnya intuisi.

Jadi dari informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa Yoga bukan kegiatan ritual keagamaan. Tapi lebih kepada mempelajari teknik disiplin gerak dan diam. Bahkan keterampilan ini bukan tidak mungkin sangat bisa membantu kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari bahkan dalam melakukan kegiatan ibadah. Sholat misalnya, dibutuhkan keterampilan gerak dan diam. Dalam hal ini, saya tidak bermaksud untuk menyamakan yoga dengan sholat. Dalam melakukan sholat, diperlukan gerakan yang tu’maninah seperti pada saat ruku. Pada saat ruku kita harus membengkokan tulang belakang, meluruskannya dan merenggangkan antara tulang dan otot punggung. Yoga dapat membantu menghilangkan kekakuan sendi dan otot. Disiplin diam, keterampilan ini membantu untuk melakukan sholat dengan tenang, konsentrasi dan menjernihkan pikiran ketika kita menghadap Allah. Memahami bacaan sholat tentunya semakin membuat ibadah sholat menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s