RPP SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

NAMA SEKOLAH               : SMA Negeri 2 Malang

MATA PELAJARAN                        : Penjas Orkes

MATERI POKOK                 : Sepak Bola (teknik menendang bola dengan kaki dalam)

KELAS/SEMESTER             : X/I

STANDART KOMPETENSI            : mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga  dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

KOMPETENSI DASAR       : mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri

INDIKATOR                         :

Indikator

Nilai Karakter

Psikomotor

  • Mampu melakukan teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam tanpa bola
  • Mampu melakukan teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam dengan bola.
  • Mampu mengaplikasikan gerakan menendang bola dengan kaki bagian dalam.

Kognitif

  • Memahami konsep dasar teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam
  • Mengetahui dan memahami teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam tanpa bola.
  • Mengetahui dan memahami teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam menggunakan bola.

Afektif

  • Bersemangat dalam melakukan rangakaian pembelajaran.
  • Dapat berkerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta aktif bertanya.
  • Menghargai teman dalam mempraktikkan materi yang dilakukan.
  • Disiplin dan sportivitas saat mengikuti pembelajaran
Kerja sama, rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, bersahabat, menghargai, komunikatif, demokrasi, mandiri, dan disiplin

Alokasi waktu             : 2 x 45

  1. Tujuan pembelajaran
  2. Materi pembelajaran
  • Siswa mampu melakukan teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam tanpa bola
  • Siswa mampu melakukan teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam dengan bola.
  • Siswa mampu mengaplikasikan gerakan menendang bola dengan kaki bagian dalam.
  • Siswa mampu memahami konsep dasar teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam.
  • Siswa mampu mengetahui dan memahami teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam.tanpa bola.
  • Siswa mampu mengetahui dan memahami teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam. menggunakan bola.
  • Siswa bersemangat dalam melakukan rangakaian pembelajaran.
  • Siswa mampu berkerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta aktif bertanya.
  • Siswa mampu menghargai teman dalam mempraktekkan materi yang dilakukan.
  • Siswa mampu disiplin dan sportivitas saat mengikuti pembelajaran

Sepak Bola (teknik menendang bola dengan kaki dalam)

  • Melakukan gerakan menendang tanpa bola secara klasikal
  • Melakukan gerakan menendang menggunakan bola dengan media sasaran gawang.
  1. Metode pendekatan

Metode yang digunakan yaitu ceramah, demonstrasi, dan penugasan.

 

  1. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

No.

Kegiatan guru

Kegiatan siswa

Nilai karakter

Keterlaksanaan

Ya/tidak

1. Pendahuluan= 10 menit
  Guru menyiapkan siswa berbaris dua bersap, berhitung dan memimpin doa.

Guru mengawasi  siswa melakukan stretching dan kalestenik

 

Siswa berbaris dua bersap kemudian berhitung dan berdoa yang dipimpin oleh guru.

 

 

 

 

 

Siswa melakukan gerakan stretching dan kalestenik yang dipimpin oleh teman sebaya sesuai pengawasan dari guru

  1. Stretching

 

Menundukkan kepala dengan kedua tangan menekan bagian belakang kepala ke bawah.

 

 

 

 

 

Menengadahkan kepala dengan dorongan kedua tangan pada dagu ke atas.

 

 

 

 

 

 

Kepala menoleh ke samping kiri, telapak tangan kanan menekan dagu bagian kanan, dan sebaliknya ke kiri

 

 

 

 

 

 

Mematahkan leher ke kanan dengan tarikan jari tangan kanan pada pelipis kiri, dan sebaliknya ke kiri.

 

 

Bersiri tegak, kaki kangkang, badan dibongkokkan dengan togok tetap lurus, tangan dijulurkan lurus ke depan dengan jari tangan saling mengait.

 

 

Berdiri tegak kaki kangkang, kedua lutut ditekuk, telapak tangan bertelekan pada atas lutut dengan lengan tetap lurus. Bahu kiri ditekan ke samping kanan bawah sedangkan lengan kiri relaks, dan sebaliknya

 

 

Berdiri tegak, salah satu kaki diangkat dan ditekuk seperti posisi bersila di depan badan kedua tangan memegang pergelangan / mata kaki kiri, selanjutnya pergelangan kaki kiri di tarik ke atas, dan sebaliknya.

 

 

Dengan sikap kangkang lebar dengan kuda-kuda kaki kanan kedepan sedangkan kaki kiri lurus kebelakang, badan di tekan kebawah sedangkan tangan kanan bertelekan pada paha kanan bagian bawah (di atas lutut), dan sebaliknya

 

 

Berdiri bertumpu pada telapak kaki kiri, kaki kanan selunjur ke depan dan bertumpu pada tumit, kedua tangan memegang telapak kaki kanan,dilakukan gerakan mencium lutut kanan, dan sebaliknya.

 

  1. Kalestenik

 

 

Jogging ditempat

 

 

Mengangkat paha secara bergantian

 

 

 

Mengayunkan kaki ke samping kiri ke samping kanan secaa bergantian

 

Disiplin, komuni katif, bersaha bat, dan menghargai

 
2 Kegiatan Inti = 70 menit
  Guru menjelaskan materi serta memberikan contoh dengan menggunakan teman sebaya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru mengawasi serta memberi perhatian pada siswa apabila terdapat siswa yang melakukan gerakan kurang benar.

 

 

 

Siswa mendengarkan penjelasan dan memperhatikan contoh tentang teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam.

 

 

Keterangan gambar:

 

  1. Badan menghadap sasaran di belakang bola.

 

 

  1. Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki
    menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk.

 

 

  1. kaki tending ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.

 

 

  1. setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, ( gerakan
    lanjutan ).

 

Siswa melakukan gerakan menendang bola denga kaki bagian dalam tanpa menggunakan bola dengan formasi dua bersap saling berhadapan.

Siswa melakukan gerakan menendang bola dengan menggunakan bola denga media gawang.

Disiplin, komuni

katif, rasa ingin tahu, tanggung jawab, bersaha

bat, jujur, kerja sama, mandiri, dan demokrasi.

 
3. Penutup = 10 menit
  Guru menyiapkan siswa berbaris dua bersap.

Guru memberikan evaluasi pada siswa.

 

Guru memberikan instruksi untuk berhitung dan berdoa dan mempersilakan siswa kembali ke kelas.

Siswa berbaris dua bersap sesuai dengan intruksi dari guru

Siswa memperhatikan dan mendengarkan evaluasi dari guru dengan seksama

Siswa berhitung serta berdoa yang dipimpin oleh guru dan kembali ke kelas setelah dibubarkan oleh guru.

 

Disiplin, bersaha

bat, rasa ingin tahu, dan  komuni

katif

 

 

  1. Alat dan sumber belajar
    1. Alat Pembelajaran
      1. Bola sepak atau sejenisnya
      2. Lapangan permainan sepak bola atau lapangan sejenisnya
      3. gawang
      4. Peluit

 

 

  1. Sumber Pembelajaran
    1. Media cetak
    2. Buku permainan seapk bola
    3. Media elektronik
    4. Audio/video visual teknik dasar permainan sepak bola
    5. Rekaman/cuplikan pertandingan sepak bola

 

  1. Penilaian

Teknik dan Bentuk Penilaian

  1. Tes Keterampilan (Psikomotor)

Melakukan  teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam dengan media gawang dengan 2x kesempatan.

Table.1 Penilaian Tes Keterampilan

No Nama siswa

Aspek yang dinilai

Jml NA

Posisi badan

Posisi kaki

Kekuatan

Tepat sasaran

Kesempatan tes

   
    1 2 1 2 1 2 1 2    
1                                      
2                                      
3                                      
dst                                      

 

Jumlah skor maksimal : 16

 

Nilai Akhir =

Keterangan:

1 = kesempatan melakukan tes keterampilan menendang dengan kaki bagian dalam

2 = kesempatan melakukan tes keterampilan menendang dengan kaki bagian dalam

 

 

 

 

  1. Tes Sikap (Afektif)

Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai: kerjasama, menghargai, sportivitas, semangat, dan aktif bertanya.

No.

Nama siswa

Aspek sikap yang dinilai

Jml

NA

Kerjasama

Menghargai

Sportivitas

disiplin

semangat

1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3    
1                                    
2                                    
3                                    
4                                    
5                                    
dst                                    

 

Jumlah Skor Maksimal = 15

NA =

Keterangan:

1 = cukup

2 = baik

3 = sangat baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tes Pengetahuan (Kognitif)

Format penilaian pembelajaran teknik dasar servis bawah bola voli dengan metode resiprokal

 

No.

Nama siswa

Butir-butir Pertanyaan

Jml

NA

Soal no 1

Soal no 2 Soal no 3      
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5      
1                                      
2                                      
3                                      
4                                      
5                                      
dst                                      

 

Jumlah skor maksimal = 15

 

NA =

Keterangan:

1 = skor nilai

2 = skor nilai

3 = skor nilai

4 = skor nilai

5 = skor nilai

 

Soal.

  1. Apa yang anda ketahui tentang teknik menendang bola!
  2. Jelaskan posisi kaki pada saat menendang bola denga kaki bagian dalam!
  3. Jelaskan cara melakukan teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam !

 

Kunci jawaban

  1. Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbolayang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal )
  2. Jika posisi kaki berada di sisi depan bola, maka bola akan berjalan lurus dan mendatar di tanah. Jika posisi kaki berada disisi samping bola maka tidak terlalu kencang larinya. Sedangkan jika posisi berada di sisi belakang bola, maka hasilnya bola akan melambung tinggi.
  3. Cara melakukan :
  • Diawali dengan sikap berdiri menghadap arah gerakan
  • Letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap gerakan
  • Sikap kedua lengan disamping badan agak terentang
  • Pergelangan kaki yang akan di gunakan menendang diputar ke luar dan dikunci
  • Pandangan terpusat pada bola
  • Tarik kaki yang digunakan menendang ke belakang lalu ayun ke depan kea rah bola
  • Perkenaan kaki pada bola tepat ditengah-tengah bola.
  • Pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah gerakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Rekapitulasi

No.

Nama siswa

Aspek penilaian

jumlah

Nilai akhir

Kriteria

Psikomotor

Afektif

Kognitif

1              
2              
3              
4              
5              
Dst              
Nilai Rata-rata            

 

Nilai Akhir =

Keterangan:

Mendapat nilai sangat baik     : 91-100%

Mendapat nilai baik                : 80-90%

Mendapat nilai cukup             : 70-79%

Mendapat nilai kurang            : 60-69%

Mendapat nilai kurang sekali  : kurang dari 60%

 

 

Mengetahui,                                                                             Malang, 12 Juli 2011

Guru Pamong                                                                                  Peserta PPL

 

 

Sunarko                                                                             Bambang Nurdiansyah

 

 

Kepala Sekolah

 

H. Mussoddaqul Umam S.Pd

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TEKNIK MENENDANG BOLA DENGAN KAKI BAGIAN DALAM

 

 

Oleh:

Bambang Nurdiansyah           108711415471

 

 

 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

2011

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s